HAKIKAT SOSIOLOGI PENDIDIKAN Tujuan Sosiologi Pendidikan Menurut Lester Frank Ward, tujuan sosiologi pendidikan adak I mengatasi masalah sosial, seperti kemiskinan, keterbelakangan, dc kebodohan dengan pendidikan. Oleh sebab itu, sosiologi pendidikcj harus menghasilkan konsep paling real untuk mencapai tujuanny pendidikan harus menjanjikan jawaban yang tepat untuk mengata permasalahan sosial. Adapun menurut Robert Angell, tujuan sosiolo | pendidikan adalah menganalisis dan meneliti lembaga pendidil serta peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalamnya. Pandangan dua sosiolog di atas memetakan tujuan sosiolol pendidikan pada wilayah pendidikan formal dan terbatas. Adapun tujuan sosiologi pendidikan dalam pengertian luas adalah menganali peristiwa interaksi peserta pendidikan. Peserta pendidikan itu bisa orang yang ada di sekolah, masjid, rumah (keluarga), balai pelatihan, lembaga kursus, atau tempat mana saja yang di dalamnya terjadi proses pendidikan (belajar). Peristiwa
1 PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP PSIKOLOGI PENDIDIKAN Kompetensi Dasar Menguasai Pengertian psikologi pendidikan, sejarah, cakupan serta motodenya. Indikator a. Menjelaskan pengertian psikologi pendidikan b. Menguraikan sejarah perkembangan psikologi pendidikan c. Menjelaskan ruang lingkup psikologi pendidikan d. Menjelaskan metode yang digunakan dalam pengembangan psikologi pendidikan dan penerapannya Ringkasan Pendahuluan Pendidikan adalah dasar bangunan sebuah negara. Negara yang besar adalah negara yang memperhatikan dan membangun pendidikannya dengan segenap kekuatan dan sumber daya yang ada. Bercermin dari kiprah pendidikan nasional di bangasa ini, banyak hal yang bisa dijadikan otokritik terhadap pelaksanaan pendidikan di bangsa ini. Dalam ranah ilmu psikologi, arah pendidikan seharusnya dibangun pada dasar pemahaman yang benar tentang jat
Jangan menekan orang bijak dan jangan memuji orang bebal tetapi bergaullah dengan orang bijak Do not press the wise man and do not praise the fools man but associate with the wise man
Komentar
Posting Komentar